-->

Fungsi dan resiko melakukan Root pada Android. Simak baik-baik !

melakukan Root pada Android
Fungsi dan resiko melakukan root
Sebelum kita membahas root, anda harus tau apasih root itu?  Apasih fungsi dan resiko melakukan root pada android? Melakukan root adalah proses untuk mengizinkan pengguna android untuk mendapat kontrol atau hak akses yang lebih tinggi (biasa dikenal dengan "akses root"). (Sumber: Wikipedia)
Jadi sudah faham kan apa itu root?

Fungsi Root pada Android

Proses ini memberikan kebebasan dan keleluasaan hak akses untuk mengganti, mengubah, memodifikasi file-file atau software yang ada didalam sistem android, menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan izin administrator, dan menjalankan aplikasi lainnnya yang tidak dapat dilakukan pengguna android biasa.

Selain itu kamu juga bisa memaksimalkan kinerja android mu dengan cara melakukan overclock pada prosesor, menghapus file-file yang tidak penting, memasang aplikasi Adblock (menghilangkan iklan),  menginstal custom ROM dan custom Kernel, menghapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak penting, dan masih banyak lagi.
Dan fungsi lain nya adalah kamu bisa menjalankan aplikasi yang sebenarnya aplikasi tersebut tidak didukung oleh perangkatm. Tetapi biasanya hal ini mengandung beberapa resiko.

Resiko Root pada Android

Berbahaya bagi pemula

Bagi yang belum terbiasa dengan meng-oprek android, melakukan root adalah hal yang berbahaya. Karena jika kamu gagal, androidmu bisa bootloop (terjebak pada saat booting dan tidak bisa masuk ke layar utama). Bahkan jika gagal dapat menyebabkan softbrick dan hardbrick, dan yang lebih bahaya lagi jika kamu mengalami hal tersebut, garansi androidmu akan hangus.

Menghilangkan garansi smartphone

Karena kita telah mendapat hak akses yang lebih tinggi dan beresiko dapat merusak file bawaan sistem, maka sebagian besar vendor smartphone tidak mau mengambil resiko untuk memperbaiki smartphone yang rusak jika telah di root. Akan rugi kan kalau smartphone anda mengalami masalah tetapi tidak bisa di klaim garansi.
Baca Juga : Cara Root HP Xiaomi Semua Tipe

Membuka celah keamanan

Logika nya, karena kita telah memiliki hak akses yang lebih tinggi, maka akan membuka celah bagi aplikasi-aplikasi ilegal (virus) untuk dapat merusak sistem. Secara tidak langsung, memberikan akses root sama saja dengan mengizinkan smartphone anda untuk disisipi sistem dari luar. Oleh karena itu, fikirkan lah lagi untuk melakukan root !

Tidak bisa menjalankan aplikasi mobile banking

Sebagian besar perusahaan perbankan, tidak mengizinkan aplikasi mobile banking nya untuk berjalan di sistem android yang sudah di root. Jika anda adalah orang yang sering menggunakan aplikasi mobile banking, maka anda akan mengalami kesulitan.


Jadi bagaimana, masih mau melakukan rooting pada android mu? Memang banyak kegunaan nya melakukan root pada android, tapi lebih baik anda bandingkan juga dengan resiko yang akan anda hadapi. 

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>