-->

Suka Main Game? Custom Rom dan Kernel Ini Cocok Buat Gaming

Download dan instal custom rom dan kernel untuk gaming.
Custom ROM dan kernel gaming

Beberapa waktu yang lalu saya telah membuat artikel tentang Penjelasan Lengkap Stock Rom, Custom Rom, Root, dan Kernel, dan pastinya kalian sudah paham kan apa itu Custom ROM. Kalau kalian bertanya adakah Costum ROM yang cocok untuk gaming? Jawabannya pasti ada, banyak malah.

Oleh karena itu kali ini saya akan memberikan rekomendasi custom rom gaming + kernel nya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kinerja smartphone terutama untuk keperluan gaming, salah satunya adalah dengan cara menginstal custom rom dan kernel yang memang ditujukan untuk keperluan gaming.

Perlu diingat, custom rom gaming 2020 sebagian besar berbasis AOSP. Mengapa? Karena ROM dengan basis AOSP tidak memiliki banyak fitur tambahan yang dapat membebankan prosesor sehingga berpengaruh pada kinerja smartphone.

Berikut adalah beberapa custom rom dan kernel terbaik untuk gaming versi Technoblogy

Custom ROM Gaming

Pixel Experience

Custom ROM gaming Pixel Experience

Pixel Experience adalah salah satu Custom ROM Android favorit, karena ROM ini memang sangat ringan seperti android stock. Tidak banyak kustomisasi pada rom ini, hal ini bertujuan agar memaksimalkan kinerja ROM ini.

EvolutionX

Custom ROM gaming Evolution X

EvolutionX adalah ROM yang sedang saya gunakan sekarang. Cukup puas dengan performa Custom ROM ini. EvolutionX memiliki banyak kustomisasi yang bisa diatur sesuai kemauan anda. ROM ini bersifat balance (seimbang) antara performa dan baterai.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna ROM ini, EvolutionX sangat ringan, cepat, dan handal untuk dipakai bermain game seperti PUBG.

AOSP Extended (AEX)

Custom ROM gaming AEX

AOSP Extended merupakan salah satu Custom ROM hp android yang mendukung banyak perangkat, tidak heran kalau ROM ini memiliki banyak pengguna.

Sama seperti EvolutionX, ROM ini juga memiliki cukup banyak kustomisasi yang dapat membuat kita betah menggunakan Custom ROM ini.

Havoc OS

Custom ROM gaming Havoc OS

Satu lagi ROM dengan basis AOSP yaitu Havoc OS. Walaupun sama-sama memiliki basis AOSP dengan ROM lainnya, Havoc OS memiliki kelebihan tersendiri.

Berdasarkan informasi dari Thread Official Havoc OS di Forum XDA Developer, Custom ROM ini terinspirasi dari Google Pixel, yang akan terus dikembangkan agar memiliki performa yang maksimal bak Google Pixel.

Ancient OS

Custom ROM gaming Ancient OS

Ancient ROM merupakan ROM yang dikembangkan oleh Ancient Family Team. ROM ini terkesan simpel dan ringan, dan memang di desain untuk gaming ataupun hanya sosial media.

Ancient tidak hanya mengembangkan ROM, mereka juga mengembangkan kernel buatannya sendiri. Wah, keren..

Mokee ROM

Custom ROM gaming Mokee ROM

Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang Mokee. Padahal Mokee merupakan ROM yang rajin dalam memberi pembaruan sistem, ROM ini mengikuti google untuk selalu memberikan sistem android terbaru kepada pengguna.

Mokee mengklaim melalui website mereka mokeedev.com bahwa ROM ini memberi pengalaman yang mulus dan bebas lag pada perangkat anda. Wajib dicoba nih..

Lineage OS

Custom ROM gaming Lineage OS

Lineage OS merupakan suksesor dari CyanogenMod yang sebelumnya telah dihentikan pengembangannya. Lineage OS atau biasa disingkat LOS dirilis pada Desember 2016.

ROM ini cukup stabil dan ringan, sehingga bisa diajak untuk bermain game.

Carbon ROM

Custom ROM dan kernel gaming Carbon ROM

Walaupun tidak sepopoler ROM lainnya, Carbon ROM adalah salah satu ROM yang wajib dicoba untuk keperluan gaming.

Dengan kustomisasi yang cukup lengkap, nyatanya tidak mengurangi performanya, dan tentunya mempunyai daya tarik tersendiri untuk Custom ROM ini.

Sebenarnya masih banyak Custom ROM terbaik untuk gaming, hanya saja Custom ROM yang saya jelaskan diatas lebih up to date.

Sampai saat artikel ini dibuat, semua Custom ROM diatas memiliki versi android terbaru yaitu Android 10.0 Q, dan bukan tidak mungkin kalau akan terus dikembangkan hingga versi android berikutnya.

Catatan: Custom ROM diatas tidak mendukung semua tipe smartphone, anda bisa cek di websitenya masing-masing apakah tipe ponsel anda tersedia atau tidak.

Kernel Gaming

Pemilihan kernel yang tepat memang dapat meningkatkan pengalaman dalam bermain game, namun ini akan berimbas pada konsumsi baterai yang berlebih dan dapat meningkatkan suhu baterai.

Kernel untuk gaming diatur dengan cara melakukan Overclock pada prosesor. Dengan demikian maka prosesor akan dipaksa untuk bekerja secara maksimal dan tentunya ini tidak disarankan.

Sebelum menginstal salah satu dari kernel terbaik untuk gaming berikut, disarankan untuk melakukan backup kernel terlebih dahulu.

Berikut adalah daftar kernel buat gaming yang telah dirangkum oleh Technoblogy.

Mystic Kernel

Mystic kernel adalah satu dari sekian banyak kernel ciptaan anak bangsa. Terdapat 2 versi didalam kernel ini, versi Overclock (OC) dan Non-Overclock (Non-OC).

Saya sarankan kalau anda ingin menggunakannya untuk keperluan gaming gunakan versi OC, karena versi OC telah dimaksimalkan Clock Speed nya.

Note: Hanya untuk Redmi Note 5 Pro (Whyred), Redmi Note 6 Pro (Tulip), dan Wayne (Mi 6X)



Morfuz Kernel

Morfuz merupakan salah satu kernel yang banyak digunakan di Redmi Note 7 (Lavender). Terdapat versi EAS dan versi HMP. Jika untuk gaming, saya sarankan gunakan versi HMP.

Note : Hanya untuk Redmi Note 7 (Lavender)


Desert Eagle

Desert Eagle merupakan salah satu kernel yang cocok untuk gaming. Desert Eagle merupakan kernel buatan indonesia dan masih terus aktif memberikan pembaruan hingga saat artikel ini dibuat.

Terdapat versi OC dan Non-OC, sudah tau kan mau gunakan yang mana kalau untuk bermain game? Ya benar, gunakan versi OC.

Note: Hanya untuk Redmi Note 5 Pro (Whyred), Redmi Note 6 Pro (Tulip), dan Wayne (Mi 6X)


Extended Kernel

Extended Kernel adalah kernel yang saya pakai sekarang, cukup puas dengan performanya. Selain memiliki performa yang baik, kernel ini juga irit baterai. Sangat cocok dikombinasikan dengan ROM EvolutionX.

Note : Hanya untuk Redmi Note 5 (Whyred)


NotKernel

Sudah terbukti di Redmi Note 7 (Lavender), NotKernel versi HMP juga memiliki banyak pengguna layaknya Morfuz kernel.

Anda hanya tinggal mencobanya saja satu per satu karena beda pengguna, pasti merasakan performa yang berbeda juga, tergantung selera anda ingin gunakan kernel yang mana.

Note : Hanya untuk Redmi Note 7 (Lavender) dan Redmi K20 Pro/Mi9T (Raphael)


Rad Kernel

Rad Kernel merupakan kernel pendatang baru di Redmi Note 5 Pro (Whyred), namun kernel ini mampu memaksimalkan performa Whyred dengan mengisntal Rad Kernel versi OC.

Note : Hanya untuk Redmi Note 5 (Whyred)


Rockstar Kernel

Hadirnya Rockstar kernel menjadi angin segar bagi pengguna Redmi 4X, pasalnya kernel ini mampu mendongkrak performa Redmi 4X, dan membuka Clock Speed nya hingga mencapai 1,6 GHz!

Pastinya Redmi 4X kalian tidak kalah dengan HP yang levelnya berada diatasnya. Dari pada penasaran, langsung aja dicobain. Untuk kepeluan gaming, jangan lupa download versi OC ya..

Note: Hanya untuk Redmi 4X (Santoni)


[Update] Agni Kernel

Agni kernel adalah salah satu kernel yang telah disetting untuk Overclock. Namun walau begitu kernel ini dapat memanajemen penggunaan baterai dengan baik sehingga tetap hemat baterai meskipun telah di overclock.

Untuk selengkapnya tentang informasi fitur, kelebihan, dan informasi lainnya bisa lihat di artikel Agni Kernel Redmi Note 5 Pro (whyred).


Note: Hanya untuk Redmi Note 5 Pro (whyred)


Catatan:
  • Kernel diatas tidak dapat diinstal pada semua tipe smartphone. Instal kernel yang memang ditujukan untuk perangkat anda. Jika perangkat anda tidak tersedia pada kernel diatas, cobalah untuk mencari kernel lain di XDA Developer.
  • Jika anda menginstal versi OC, perlu dicatat kalau Over Clock artinya meningkatkan Clock Speed prosesor hingga maksimal, hal ini berimbas pada baterai yang dapat cepat habis dan membuat suhu ponsel menjadi panas.

Kesimpulan

Dari beberapa rekomendasi Custom ROM Gaming dan Kernel diatas, dari hasil tes yang saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro (Whyred), saya lebih memilih ROM Evolution X dan Extended Kernel.

Permorma yang smooth, cepat, dan handal serta ketahanan baterai yang cukup irit, membuat saya betah bertahan di EvolutionX.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>