-->

Cara Ampuh Matikan HP Baterai Tanam yang Bootloop / Hang

Cara matikan hp baterai tanam. dijamin berhasil
cara matikan hp baterai tanam

CARA AMPUH MATIKAN HP BATERAI TANAM YANG BOOTLOOP / HANG - Smartphone seperti zaman sekarang memang berbeda dengan smartphone dulu, cukup banyak perkembangan nya, misalnya dari sektor baterai. Smartphone zaman dulu masih menggunakan baterai berjenis removable atau dapat dilepas pasang.

Seiring perkembangan, smartphone mulai menerapkan baterai berjenis non-removable atau tidak dapat dilepas, baterai jenis ini biasa kita sebut sebagai baterai tanam.

Ada beberapa alasan kenapa produsen smartphone menggunakan baterai berjenis non-removable atau baterai tanam, yang pertama baterai berjenis non-removable di klaim lebih awet dibanding baterai removable, kenapa? Karena baterai berjenis non-removable tidak bisa dilepas.

Kedua, baterai tanam dapat membuat smartphone menjadi lebih tipis karena kesing bagian belakang dapat dioptimasi oleh produsen smartphone tersebut.

Tapi terkadang timbul pertanyaan di benak kita, jika hp kita mengalami masalah seperti bootloop atau hang, bagaimana cara mematikan hp yang menggunakan baterai tanam?

Kalau masih menggunakan baterai berjenis removable cukup mudah mengatasinya, hanya perlu membuka kesing nya saja lalu copot baterainya, lantas bagaimana kalau ternyata hp nya berjenis non-removable atau baterai tanam?
Haruskah kita membuka kesing dan melepas paksa baterainya?

Anda tidak perlu melakukan hal itu, ada cara alternatif lain yang lebih mudah. 

Penyebab Ponsel Bootloop

cara matikan hp baterai tanam karena bootloop
Sebelum kita mulai bagaimana cara ampuh matikan hp baterai tanam yang bootloop / hang, kita bahas sedikit tentang bootloop. Apa itu bootloop? Bagaimana hp bisa bootloop? Apa penyebabnya?

Bootloop adalah kegagalan ponsel untuk melakukan booting, dimana kondisi ponsel kita stuck di logo android / logo vendor smartphone saja dan tidak dapat masuk ke dalam sistem android. 

Berikut adalah faktor-faktor yang bisa menyebabkan ponsel menjadi Bootloop.

Kegagalan Memasang Sistem

Kegagalan memasang sistem biasanya dilakukan oleh pengguna yang berusaha menginstal Custom ROM di perangkat mereka. Hal ini bisa saja disebabkan karena kesalahan dalam proses instalasi atau disebabkan file Custom ROM yang corrupt.

Kalau anda suka menginstal Custom ROM, jangan lupa lakukan backup data terlebih dahulu ya, untuk berjaga-jaga seandainya terjadi bootloop.

Kesalahan Mengelola File Sistem

Kesalahan ini biasanya terjadi pada pengguna yang sudah berhasil mendapat akses root, dan menghapus atau mengubah file sistem android sehingga menyebabkan bootloop.

Oleh karena itu sebelum melakukan root pada perangkat android anda, ada baiknya anda baca dulu Fungsi dan Resiko Melakukan Root pada Android. Simak baik-baik ! .

Rusaknya Komponen Smartphone

Bootloop juga dapat terjadi jika mengalami masalah atau kerusakan pada komponen hardware ponsel anda, dan yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada eMMC nya.

Bug / Kesalahan Update Resmi

Bootloop karena kesalahan update resmi dari pihak vendor smartphone memang sangat jarang terjadi. Tapi jika memang terdapat kesalahan pada update sistem, bukan tidak mungkin dapat mengakibatkan bootloop.

Bootloop dapat terjadi karena kesalahan penggunanya sendiri, oleh karena itu berhati-hatilah untuk anda terutama yang suka menginstal custom rom atau melakukan modifikasi pada file sistem.

Cara Mengatasi Bootloop

Cara mengatasi bootloop berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya bagaimana ponsel anda bisa bootloop. Jika hanya bootloop biasa, anda dapat matikan paksa ponselnya, diamkan 30-60 menit, lalu hidupkan kembali.

Tapi jika ponsel anda bootloop karena kesalahan pengguna seperti kesalahan menginstal Custom ROM atau kesalahan karena memodifikasi file sistem, solusinya adalah melakukan flash ulang sistem. 

HP saya mengalami bootloop tapi hp saya baterainya baterai tanam, bagaimana cara mematikannya? 
Tenang, kita punya cara ampuh matikan HP baterai tanam yang bootloop.

Cara Ampuh Matikan Hp Baterai Tanam Yang Bootloop / Hang

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk matikan HP baterai tanam yang Bootloop / hang:

1. Tekan tombol power ± 10 detik

Cara Matikan HP karena Bootloop

Cara Ampuh Matikan Hp Baterai Tanam Yang Bootloop / Hang yang pertama adalah coba anda tekan tombol power selama ± 10 detik. Setelah 10 detik seharusnya ponsel akan langsung mati.

Cara ini sering dipakai di sebagian besar ponsel dan ternyata cukup ampuh.

2. Tunggu sampai baterai habis

Cara Matikan HP karena Bootloop

Jika cara pertama gagal, Cara Ampuh Matikan Hp Baterai Tanam Yang Bootloop / Hang yang kedua mungkin bisa berhasil. Walaupun dalam keadaan bootloop atau hang, jika baterainya sudah habis pasti ponsel akan mati dengan sendirinya.

Sebelum menyalakannya kembali, pastikan baterai di cas dulu ya. Tapi dengan cara ini, anda harus ekstra sabar karena menunggu ponsel mati dengan sendirinya pastilah membutuhkan waktu hingga berjam-jam.

3. Baca buku panduan 

matikan hp baterai tanam

Setelah sekian lama buku panduan HP anda disimpan, mungkin ini saatnya bagi anda untuk membukanya.

Mungkin anda bisa menemukan informasi yang dicari yaitu cara mematikan ponsel, terlebih jika ponsel yang anda gunakan berbeda dari kebanyakan ponsel yang lain, mungkin saja ada cara khusus untuk mematikannya pada saat mengalami bootloop / hang.

4. Melepas baterai dengan paksa

matikan hp baterai tanam

Kalau 3 cara diatas dirasa tidak berhasil, mungkin anda dapat mencoba Cara Ampuh Matikan Hp Baterai Tanam Yang Bootloop / Hang yang terakhir yaitu melepas baterai secara paksa. Mungkin cara ini terdengar agak merepotkan.

Walaupun baterai ponsel anda baterai tanam (non-removable), anda tetap bisa melepasnya secara paksa dengan cara melepas kesing belakangnya terlebih dahulu. Tetapi cara ini tidak semudah melepas baterai ponsel removable ya, karena cara ini harus memiliki keahlian khusus.

Jika anda merasa kurang yakin dan belum pernah melakukannya sebelumnya, saya sarankan lebih baik anda minta tolong kepada orang yang lebih berpengalaman.


Akhir kata

Begitulah pembahasan tentang Cara Ampuh Matikan Hp Baterai Tanam Yang Bootloop / Hang, semoga artikel ini dapat menjadi solusi bagi anda. Sejauh ini hanya 4 cara tersebut yang saya ketahui, kalau nanti seandainya ada cara yang lebih mudah, akan saya perbarui artikel ini.

You may like these posts

1 comment

  1. Anonymous
    This can also be|may additionally be|can be} a kind of 카지노 사이트 welcome bonus maybe a} reload bonus. There are a number of|numerous|a selection of} bonuses obtainable to use at Jackpot City. We’re going to briefly clarify a few of the the} sorts you’ll encounter.
  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>