-->

CARA INSTAL ANDROID 10 DI REDMI NOTE 5 PRO

CARA INSTAL ROM ANDROID 10 Q DI REDMI NOTE 5 PRO
Cara Instal ROM Android 10 Di Redmi Note 5 Pro

Xiaomi telah merilis Redmi Note 5 Pro sejak awal tahun 2018, sebelum ponsel ini dirilis secara resmi banyak sekali pengguna yang menantikan kehadirannya. Ponsel ini pun berhasil melanjutkan kesuksesan yang diraih oleh pendahulu nya yaitu Redmi Note 4. Developer pihak ketiga yang dulunya sukses di Redmi Note 4 pun mulai beralih ke Redmi Note 5 Pro. Tidak lama setelah ponsel ini di rilis, satu per satu mulai bermunculan tips dan trik untuk meningkatkan performa Redmi Note 5 Pro. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas kamera dengan cara memasang modul Gcam (Google Camera) yang terbukti menghasilkan foto yang lebih baik dibanding modul kamera bawaan.
Banyak developer pihak ketiga yang turut mengembangkan ponsel ini guna meningkatkan performanya, salah satunya adalah dengan cara meng-upgrade Redmi Note 5 Pro ke Android 10 Q.

Sejak artikel ini dibuat, Redmi Note 5 Pro sudah mendapat update ke Android 9 Pie dengan antar muka MIUI 11 terbaru yang tentunya memiliki segudang fitur. Namun sepertinya ponsel ini tidak akan mendapatkan pembaruan ke Android 10 Q, karena belum ada sumber yang mengatakan bahwa Redmi Note 5 Pro akan mendapat pembaruan ke Android 10.

Namun bagi anda pengguna Redmi Note 5 Pro jangan berkecil hati, karena disini saya akan memberi tahu bagaimana Cara Instal ROM Android 10 Q di Redmi Note 5 Pro. ROM Android 10 yang akan kita instal disini adalah Custom ROM Android 10 yang berbasis AOSP (Android Open Source Project) atau Stock Android, yang artinya tampilan dan fitur nya tidak akan sama dengan MIUI.

Bahkan menurut saya dan sebagian besar orang, ROM dengan basis AOSP lebih nyaman, ringan, dan lebih smooth dibandingkan MIUI. Banyak Custom ROM Android 10 berbasis AOSP yang dapat di instal di Redmi Note 5 Pro, seperti Pixel Experience, Lineage OS, EvolutionX, Havoc OS, Ancient OS, dan masih banyak yang lainnya.

EvolutionX – Custom ROM Android 10 Q untuk Redmi Note 5 Pro

Salah satu Custom ROM Android 10 Q yang saya instal di Redmi Note 5 Pro adalah EvolutionX. Kelebihan dari ROM ini adalah sukses membuat kinerja Redmi Note 5 jadi meningkat dibanding dengan ROM bawaan MIUI, memiliki cukup banyak fitur, minim bug (masalah), serta manajemen baterai yang sangat baik sehingga penggunaan baterai menjadi lebih irit. Jika kalian ingin meningkatkan performa ponsel kalian, maka tidak ada salahnya menginstal Custom ROM Android 10 Q untuk Redmi Note 5 Pro. Selain mendapatkan peningkatan performa, kalian juga mendapatkan fitur-fitur Android terbaru yaitu Android 10 (Q).

Bug (masalah) yang ada di ROM EvolutionX Android 10 untuk Redmi Note 5 Pro

Berdasarkan pengalaman saya pribadi yang menginstal ROM ini di Redmi Note 5 Pro, ada sedikit bug yang sebenarnya tidak terlalu mengganggu.

Kamera

Ada sedikit permasalahan kecil pada aplikasi kamera bawaan ROM ini, yaitu jika kita menggunakan kamera depan, maka lampu flash akan menyala walaupun sudah kita matikan.
Solusinya jika kita ingin menggunakan kamera depan, maka gunakanlah kamera Gcam. Menurut saya hasil foto kamera Gcam lebih baik dibanding kamera bawaan.

Face Unlock

Sebenarnya ini bisa dibilang bukan bug, karena semua Custom ROM Android 10 yang berbasis AOSP untuk Redmi Note 5 Pro tidak memiliki Face Unlock. Kenapa? Karena memang tidak diaktifkan oleh pihak Google sendiri.

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum menginstal ROM Android 10 Q di Redmi Note 5 Pro

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum menginstal ROM Android 10 Q di Redmi Note 5 Pro, yaitu :

Cara instal ROM Android 10 Q di Redmi Note 5 Pro

Jika hal-hal diatas telah terpenuhi, tiba saatnya untuk mulai menginstal ROM Android 10 Q di Redmi Note 5 Pro. Berikut langkah-langkahnya, harap lakukan dengan teliti dan hati-hati
  1. Download file ROM EvolutionX versi terakhir lalu letakkan di penyimpanan internal ponsel anda. Letakkan diluar saja, jangan didalam folder agar tidak sulit mencarinya.
  2. Matikan ponsel anda, lalu booting ke mode recovery dengan cara menekan tombol power dan volume up (+) kurang lebih selama 3-5 detik.
  3. Setelah masuk ke mode recovery, masuk ke menu Wipe > Advanced wipe > pilih dalvik, cache, data, system, dan vendor > lalu swipe ke kanan untuk mulai proses wipe.
  4. Wipe Cache - Cara Instal ROM Android 10 Di Redmi Note 5 Pro

  5. Setelah selesai wipe, masuk ke menu file, lalu pilih file ROM EvolutionX yang telah di download tadi, lalu swipe ke kanan untuk mulai menginstal ROM Android 10 Q di Redmi Note 5 Pro.
  6. Instal ROM - Cara Instal ROM Android 10 Di Redmi Note 5 ProEvolutionX Redmi Note 5 Pro

  7. Setelah proses instalasi selesai, tap tombol reboot yang ada layar bagian bawah, lalu ponsel akan mulai proses restart.
  8. Tunggu proses booting hingga selesai, booting pertama mungkin agak lama, tunggu lima sampai sepuluh menit hingga proses booting selesai.
  9. Setelah proses booting selesai, kalian bisa mulai mengatur dan mengkonfigurasi posel kalian layaknya ponsel yang baru pertama kali digunakan. Silahkan kalian cek di About Phone, apakah Redmi Note 5 Pro kalian sudah terinstal Android 10 ?
  10. Android 10 Redmi Note 5 ProAndroid 10

Screenshot

Berikut adalah beberapa tampilan dari Custom ROM EvolutionX Android 10 Q untuk Redmi Note 5.
Custom ROM Redmi Note 5 ProCara Instal ROM Android 10 Di Redmi Note 5 ProCara Instal ROM Android 10 Di Redmi Note 5 ProCara Instal ROM Android 10 Di Redmi Note 5 ProCara Instal ROM Android 10 Di Redmi Note 5 ProCara Instal ROM Android 10 Di Redmi Note 5 Pro

Downloads EvolutionX - ROM Android 10 Redmi Note 5 Pro

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>